Rabu, 27 April 2016

Malam, lilin untuk membatik



 
 malam/lilin batik

 
malam/lilin batik yang dipanaskan dalam kuali kecil

Malam atau lilin ini digunakan dalam proses membatik, malam ini bukanlah yang memberikan warna pada batik, namun malam atau lilin bertujuan untuk menutupi bagian kain yang tidak diberi warna.

Proses membatik setelah diberi malam atau lilin, maka akan melewati proses pewarnaan, bagian kain yang diberi malam maka akan tetap berwarna putih atau warna sebelumnya. Kenapa saya katakan warna sebelumnya? Karena proses pewarnaan pada kain batik dapat berkali-kali.  Ada bagian yang berwarna biru, coklat, merah dan lain sebagainya. Setiap proses pewarnaan pada kain, bagian yang akan diwarnai maka akan dikerok.

Memang proses pembuatan kain batik ini melalui proses yang panjang, proses pewarnaan sendiri melalui proses membatik, pewarnaan, pengerokan dan pelunturan malam itu sendiri.

Karena proses yang panjang inilah maka batik tulis mahal harganya.

Nah, jadi kita telah mengetahui bahwa proses membatik tersebut bukanlah mewarnai kain, namun justru menutupi bagian kain yang tidak ingin diberi warna tertentu.

Selanjutnya kita akan melihat proses dalam membuat kain batik, mulai dari bahan dasar kain, membatik sampai proses penjemuran.

Semua proses pembuatan batik tradisional seperti batik tulis, batik lukis dan batik cap menggunakan malam.

Kenapa disebut malam? Karena jaman dulu, orang jawa menggunakan sarang lebah untuk membatik. Orang jawa menyebut sarang lebah adalah "Malam", karena itu sampai sekarang kita menyebut lilin membatik adalah malam.

Berkembangnya jaman, lilin membatik dibuat dari bahan yang dapat menahan air seperti diantaranya Gondorukem, Getah Damar, Parafin, Microwax, lemak binatang (kendal, gajih), minyak kelapa, lilin tawon, lilin Lanceng dan lainnya.

Komposisi dari bahannya sendiri berbagai ragam tergantung dari masing-masing pembatik. Yang jelas malam tersebut tahan air, meleleh saat dipanaskan misalnya suhu 50 Celcius dan tidak pecah saat kering, inilah yang terpenting.

Demikian rumitnya dalam proses pembuatan kain batik, membuat kita bangga menggunakan baju batik.

Saat ini baju batik bahkan baju batik anak dapat diperoleh secara mudah baik di toko-toko maupun toko online baju batik dan baju batik anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find in this box

Labels