Minggu, 01 Mei 2016

Batik Besurek, Khas Bengkulu

 

Batik Besurek adalah batik khas Bengkulu yang bermotif kaligrafi Arab. Pada umumnya, batik ini berciri khas kaligrafi dengan perpaduan rafflesia sebagai motifnya yang merupakan simbol khas Bengkulu

Asal dinamakan Batik Besurek dikarenakan batik ini menggunakan motif bertuliskan kaligrafi Arab. Besurek merupakan bahasa Melayu dialek Bengkulu yang artinya bertulisan.

Batik Besurek dipengaruhi oleh pedagang Arab dan pekerja asal India pada abad ke-17 kepada masyarakat di Bengkulu.

Seiring dengan jaman, seni motif pada kain batik tersebut  dipadukan dengan tradisi Indonesia yang berciri khas Bengkulu, sehingga dikemudian hari ditemukan simbol khas bengkulu seperti motif rafflesia, burung kuau, tumbuhan paku, rembulan. Sering kita jumpai motif perpaduan bentuk dengan kaligrafi seperti tulisan kaligrafi yang berbentuk rembulan.

Kadang tulisan kaligrafi pada batik besurek yang digunakan untuk acara adat memiliki makna, namun tak jarang juga tulisan-tulisan tersebut tidak bermakna tertentu. Jadi kita harus jeli dalam memilihnya.

Batik besurek memang bagus untuk dibuatkan baju batik dengan nuansa kaligrafi. Kalau kita ke Bengkulu jangan lupa membeli batik besurek ini, supaya kita tidak salah membeli, kita pilih kain batik besurek yang bermakna sehingga membuat kita mengerti arti, nilai budayanya dan membuat kita bangga memakainya.

Bayangkan apabila anak kita menggunakan baju batik anak dengan tulisan yang salah, tentu jika mereka mengetahuinya maka tidak akan dipakai selamanya.

Terima kasih telah mampir membaca artikel ini. Semoga hari anda indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find in this box

Labels